Portal Berita Terkini Seputar Papua dan Nasional. Berita terbaru seputar Berita Nasional, Pemerintah Daerah, Dewan, Olahraga, Politik, Hukum dll
RedaksiIndeks
banner 728x250
1 / 3
2 / 3
3 / 3

Berita  

Bandara Sentani Gelar Latihan Modular Exercise

banner 120x600
banner 468x60

Kabupaten Jayapura, jelajahpapua.com – PT Angkasa Pura I Bandara Sentani menyelenggarakan modular exercise bertujuan  menguji kesiapan seluruh personil bandara dan stakeholder Bandara apabila terjadi keadaan darurat.

Pada kegiatan simulasi yang dilakukan hari ini (2/11) berupa  penanganan keadaan darurat apabila terjadi kecelakaan pesawat udara di kawasan bandara.
General Manager Bandara DJJ Jayapura, Iwan Novi Hantoro menyampaikan  mengatakan kegiatan itu sangat penting dalam operasional bandar udara.  Sebab prioritas utama yang perlu mendapat perhatian khusus adalah aspek keamanan dan keselamatan penerbangan.

banner 325x300

Pada latihan modular exercise ini, fungsi komunikasi, koordinasi dan komando antar unit. Selain itu stakeholder bandara diuji dan dievaluasi.  Kegiatan ini merupakan kegiatan yang sangat penting dalam operasional bandar udara. Prioritas utama yang perlu mendapat perhatian khusus adalah aspek keamanan dan keselamatan penerbangan dikarenakan hal ini menyangkut keselamatan jiwa para pengguna jasa tambahnya.

Untuk skenario yang dilatihkan adalah pesawat Udara milik maskapai Mabruk Air tipe Boeing 737 – 300 dengan nomor penerbangan AO.023 rute Sentani-Wamena (DJJ-WMX), posisi persiapan take off di runway. Kemudian, tiba-tiba mengalami kerusakan roda sehingga pilot memutuskan abort take off, namun pesawat mengalami overshoot dan terbakar di runway Bandara Sentani.

GM Bandara Sentani mengatakan terlaksananya kegiatan modular exercise ini,  tidak lepas dari kerja sama seluruh stakeholder bandara yang terlibat. Pihaknya mengapresiasi atas kerjasama seluruh stakeholder.

“Kami ucapkan banyak terima kasih atas kerjasamanya. Semoga apabila keadaan darurat benar terjadi seluruh pihak yang bertugas dapat melaksanakan tugasnya masing-masing dengan prima

Sementara Stakeholder Relation Manager Bandara Sentani, Surya Eka menyampaikan Kegiatan modular exercise, melibatkan  sejumlah instansi diantaranya Airnav Indonesia, Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas II Jayapura, RS. Yowari, RS. TNI AU Silas Papare. Puskesmas Sentani, PMI, serta Basarnas. Juga Keadaan di lapangan dibuat menyerupai kondisi real dengan maksud untuk menguji kesigapan personel dan kesesuaian SOP. (Imel)

banner 325x300